Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Spalshscreen Dengan Flash CS6

Spalshscreen Dengan Flash CS6


Pada telepon pintar HP Android Splashscreen adalah tampilan sesaat (2-4 detik) ketika kita membuka sebuah aplikasi sebelum menuju tampilan utama aplikasi tersebut. Beberapa contoh aplikasi yang menggunakan splashscreen adalah Tweeter, Gojek dan lainnya.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam Flash. Bisa menggunakan Layer tunggal, gabungan dengan movie clip atau dengan actionScript. Dalam latihan ini, kita akan mencoba menggunakan Layer tunggal.
Jika kita akan membuat splashscreen selama 2 menit, maka dibutuh 48 frame (default flash : 24 frame per second) untuk menampilkan lamanya splashscreen.
Untuk mengetahui perubahan dari tampilan splashScreen, diperlukan tampilan utama dari sebuah aplikasi. Tampilan utama kita akan tempatkan pada frame 49.
Persiapan
Selanjutnya kita coba buka Flash CS6.
1. Buka Flah CS6
2. Pada kotak dialoh Adobe Flash Professional CS6, klik AIR for Android.


1. Jangan lupa pada Window Explorer buat folder splashScreen.
2. Pada menu File > klik Save.
3. Selanjutnya simpan file kerja Flash dengan nama splashScreen pada folder spalshScreen.
4. Klik Selection Toll > klik pada area kerja.
5. Pada panel Properties, pastikan;
· Target: AIR 3.2 for Android
· Script: ActionScript
· Size: 480 x 800

Menempatkan Gambar
Siapkan 2 buah gambar pada folder splashScreen. Satu logo untuk tampilan spalshscreen, dan gambar untuk tampilan utama. Gambar latihan dapat di download beserta file kerja flash dibawah.
1. Pada menu File > pilih Import > klik Import to Library.
2. Pada kotak dialog Import to Library, pilih gambar logo SpalshScreen dan tampilan utama > klik Open.
3. Buka panel Library untuk melihat hasil import.
4. Seret/Drag gambar logo splashscreen ke area kerja
5. Posisikan seperti gambar dibawah ini.

 


Mengatur Layer
Gambar logo spalshscreen berada di Larer1 Frame1. Untuk tampil selama 2 menit, kita harus menambah frame.
1. Klik kanan pada frame 48 > pilih Insert Frame.
2. Klik kanan pada frame 49 > pilih Insert Blank Keyframe.


1. Klik frame 49 untuk memilih.
2. Seret/drag gambar tamplan utama dari panel Library ke area kerja.
3. Posisikan gambar seperti pada gambar berikut.


1. Tekan Enter untuk melihat hasil sementara.

Jika waktu tampil splashscreen kurang, Anda dapat menambah panjang frame.


Menghentikan Frame
Agar tidak terjadi looping/ pengulangan, pada frame 49 harus diberi perintah stop.
1. Klik frame 49 untuk mengaktifkannya.
2. Pada menu Window > pilih Code Snippet .
3. Klik ganda pada Stop at this Frame.

Pada frame 49 muncul simbul @, menandakan perintah stop telah diberikan.



Melihat isi kode pada frame 49
1. Pada menu Window > pilih Actions (F9).

Kode pada jendela Actionscript;


Melihat Hasil Kerja
Sebelum membuat file aplikasi, kita lihat dahalu hasil sementara
1. Pada menu Control > pilih Test Scene (Ctrl+Alt+Enter)
Coba kita lihat hasilnya pada gadget Anda.
Untuk mendapatkan gambaran yang sebenarnya, coba Anda Publish seperti pada tutorial sebelumnya.

Tutorial selanjutnya, kita akan menambahkan progress bar pada splasscreen dan tombol Skip.
File kerja dan aplikasi dapat di download disini.
Semoga Sukses!


Posting Komentar

0 Komentar