Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Karakter Animasi dengan Animate CC

 Ada beberapa jenis animasi pada Animate CC, diantaranya; Animasi Frame by Frame, Motion Tween, Classic Tween.

Tutorial dalam bentuk video:

Karakter Animasi Frame by Frame

Animasi ini adalah perubahan objek pada setiap frame. Sebaik-baik penjelasan adalah dengan gambar.

Kita mulai dari sebuah karakter StickMan yang akan dijiplak (trace) pada layer 2. Dalam kasus ini, Anda akan belajar mengenai menseting area kerja (Scene), menggambar dengan tool Line, Selection, Subselection, Free Transform serta animasi frame by frame.

  • Buka Animate CC > Charcter Animation > Standard > Create.

    Untuk latihan dasar ini, area kerja (Scene 1) diseting W=480, H=280, atau sesuai dengan keinginan Anda. 

    Sebagai pemula, sebaiknya unduh file latih berikut (klik disini)

Karakter StickMan ada di Layer1 Frame1. Kita akan menggambar (menjiplak) karakter StickMan pada layer 2 frame1.

  • Klik ikon New Layer.
  • Klik ikon Gembok pada Layer1.
  • Klik tool Line > pastikan Objek Drawing aktif

Jika Object Drawing tidak aktif, garis yang saling berimpit akan saling memotong atau melekat.

  • Pada panel Properti, tentukan Stroke = 15
  • Buat garis lurus kaki1 seperti gambar berikut

  • Ulangi langkah diatas, keseluruhan garis kaki, tangan, dan badan tampak seperti gambar berikut.

  • Aktifkan tool Selection > posisikan kursor pada garis yang akan dilengkungkan.
  • Ketika muncul tanda lengkung pada kursor > drag/seret garis agar sesuai dengan garis pada Layer1.

  • Lengkapi proses menjiplak/tracing hingga selesai.

Animasi

Jika diperlukan Layer1 dapat dihapus (pilih Layer 1 > klik ikon Delete)

  • Klik frame 30 layer 2 > tekan F5.
  • Klik kanan diantara frame 1- 30 layer 2 > Convert to Frame by Frame Animation >  Keyframe every Third frame.


Frame pada layer 2 terpotong-potong setiap 3 frame.

  • Posisikan slider merah di frame 4.
  • Klik tool Freetransform. > pilih salah satu garis.
  • Geser titik kontrol ke pangkal paha.
  • Posisikan kursor di ujung garis, ketika muncul panah melingkar > drag/seret untuk melakukan perubahan pada garis terpilih. 

  • Ulangi langkah diatas untuk garis kaki, tangan, badan dan kepala.

Gerakan Maju

  • Klik frame 4 (semua objek terpilih) > geser ke kanan secukupnya.
  • Tekan Enter untuk melihat animasi.

Untuk mendapatkan hasil animasi yang baik, memang diperlukan bakat atau talenta. Namun dengan latihan yang tekun serta banyak membaca, pengetahuan karakter animasi akan berkembang.



Posting Komentar

0 Komentar