Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

wow! IKN semaKin menJanjikan🤔👍😎, Jokowi Akan Pimpin Groundbreaking 10 Pr...


wow! IKN semaKin menJanjikan🤔👍😎, Jokowi Akan Pimpin Groundbreaking 10 Proyek
IKN Makin Serius, Jokowi Bakal Groundbreaking 10 Proyek 1-3 November 2023

Jakarta - Presiden Joko Widodo direncanakan melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada 1-3 November 2023. Nantinya akan ada 10 proyek yang dilakukan groundbreaking.
Kepala Otorita IKN (OIKN), Bambang Susantono menjelaskan rencananya akan ada 10 kegiatan groundbreaking baik dari APBN maupun swasta untuk berbagai fasilitas di IKN, di antaranya adalah rumah sakit, mall yang terintegrasi dengan hotel dan apartemen, beberapa kantor pemerintah, pulau suaka orangutan, bandara VVIP, dan sekolah yang terdiri dari sekolah negeri dan internasional.

Adapun perkiraan nilai investasi dari groundbreaking kali ini adalah sebesar Rp 12,5 triliun dan sejauh ini sudah ada proyek senilai Rp 23 triliun yang groundbreaking di IKN. Kegiatan ini menunjukkan bahwa bukan hanya pertumbuhan pembangunan yang terjadi di IKN, namun juga bergulirnya pertumbuhan ekonomi dan sebagai bukti minat dan kepercayaan yang tinggi dari investor swasta dan pemerintah di IKN.

sp an>

Meski demikian, Bambang menjelaskan target pembangunan IKN ini tidak hanya berupa angka, namun juga hadirnya suatu ekosistem yang sudah berfungsi untuk dinikmati.

"Bidang yang bervariasi ini menunjukkan bahwa di IKN sudah ada fasilitas-fasilitas dasar bagi masyarakat yang akan pindah tahun depan," jelas Bambang dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (30/10/2023).

Bambang menjelaskan bahwa salah satu kegiatan groundbreaking yang akan dilakukan adalah relokasi SDN 020 Sepaku dengan konsep dan desain baru di tanah yang diberikan oleh desa sekitar 400 meter dari lokasi awal.

"Dengan begitu, desain community-based development sudah ada di sekolah ini. Dan semoga sekolah ini bisa menjadi contoh untuk nantinya diaplikasikan di semua sekolah negeri," imbuhnya.

Selain fasilitas dasar yang dapat dinikmati oleh masyarakat, rangkaian kegiatan groundbreaking ini juga akan menandakan dibangunnya suaka orangutan dewasa di IKN. Di suaka ini nantinya orangutan yang sudah tidak muda lagi usianya dan sudah tidak bisa dilepas liarkan akan diberi perawatan. Kegiatan groundbreaking ini merupakan hasil dari proses yang panjang dari jajak pasar tahun lalu.

"Meskipun prosesnya cukup panjang, tapi disinilah kita bisa menunjukkan bahwa mesin pertumbuhan atau pembangunan mulai berputar sebagaimana yang kita inginkan dari awal," pungkas Bambang.

Kegiatan ini merupakan kegiatan groundbreaking tahap dua dari kegiatan yang sudah dilakukan bulan September lalu. Diketahui, nantinya akan diadakan kegiatan groundbreaking berikutnya pada bulan Desember 2023.

Sebelumnya, Tenaga Ahli Bidang Komunikasi Otorita IKN, Troy Pantouw menyebutkan, Presiden Joko Widodo akan datang saat groundbreaking di bulan November.

"Nanti (saat groundbreaking) ada Pak Jokowi nanti," ujarnya kepada wartawan di Kantor OIKN, Jakarta, Rabu (18/10/2023).

Adapun, beberapa sektor yang akan dibangun yaitu sektor kesehatan sampai keuangan.

"(Groundbreaking) Ada yang bergerak di bidang kesehatan, kemudian pendidikan, leisure, pertokoan, kemudian yang lain-lain juga. Keuangan juga ada," ungkapnya.

Di sisi lain, Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR, Danis H. Sumadilaga mengungkapkan ada dua rumah sakit dan sekolah internasional yang bakal dibangun di IKN. Danis mengatakan, berdasarkan kunjungannya beberapa hari lalu dari IKN, ia melihat sejumlah proyek sedang melakukan persiapan groundbreaking.

"Yang baru ini subjek konfirmasi, kemarin di lapangan saya lihat dalam persiapan Rumah Sakit Mayapada. Karena lokasinya deket area PSSI seberang-seberangan. Sedang persiapan groundbreaking," katanya, dalam Konferensi Pers Progres IKN di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Jumat (27/10/2023).

Selain itu, menurut informasi yang didapatnya juga akan segera dilakukan groundbreaking untuk RS Hermina dan beberapa hotel lainnya. Kemudian disebut-sebut juga akan ada groundbreaking Jakarta International School (JIS). Namun ia menekankan kembali, hal ini perlu dikonfirmasi kembali kepada Otorita IKN (OIKN).

"Kemudian Gedung Bank Indonesia itu investasi pemerintah sih. Saya dengar lagi ada RS Hermina dan beberapa hotel," imbuhnya.

Baca artikel detikproperti, "IKN Makin Serius, Jokowi Bakal Groundbreaking 10 Proyek 1-3 November 2023" selengkapnya https://www.detik.com/properti/berita/d-7009106/jokowi-bakal-groundbreaking-10-proyek-di-ikn-pada-1-3-november-2023.

Posting Komentar

1 Komentar