Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

JICA Temui Sri Mulyani, Jepang Puji MRT Jakarta Masuk Kelas Dunia Kalahk...


JICA Temui Sri Mulyani, Jepang Puji MRT Jakarta Masuk Kelas Dunia Kalahkan Tokyo Metro

Temui Sri Mulyani, JICA Puji MRT JKT Lebih Bagus dari Tokyo


Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bertemu dengan Presiden Japan International Cooperation Agency (JICA) Tanaka Akihiko di Jakarta pada Senin (30/10/2023). Sri Mulyani mengaku membahas berbagai potensi kerja sama yang bisa dilakukan oleh Indonesia dan JICA.

"Salah satunya terkait pilar Indonesia Emas 2045, yaitu pemerataan pembangunan," kata Sri Mulyani dalam unggahan di akun Instagram-nya, dikutip Rabu (1/11/2023).

Sri Mulyani menceritakan dalam pertemuan itu dirinya juga menyaksikan penandatanganan Memorandum of Understanding antara Indonesian Aid dengan JICA mengenai berbagai dimensi kerja sama antar kedua lembaga tersebut. Indonesian Aid adalah Indonesian Agency for International Development, sebuah lembaga pengelola dan penyalur dana negara untuk bantuan internasional di bawah Kementerian Keuangan.

Sri Mulyani menceritakan dalam pertemuan itu Tanaka menyampaikan rasa tertariknya terhadap pembangunan di Indonesia. Tanaka, kata dia, memuji pengelolaan MRT Jakarta. Tanaka bilang kereta bawah tanah pertama Indonesia itu maju lebih pesat ketimbang punya Tokyo.

"Beliau memuji pengelolaan @mrtjkt yang sudah kelas dunia dari sisi ketepatan waktu serta perawatan asetnya, bahkan menurutnya, kita mencapai titik ini jauh lebih cepat dari Tokyo Metro..!" ucap Sri Mulyani.

Membalas pujian itu, mantan pemimpin International Monetary Fund (IMF) ini menceritakan Indonesia sedang fokus membangun infrastruktur. Mulai dari jalan, bandara dan pelabuhan di seantero negeri. "Titik ini juga dapat menjadi fokus kerja sama antara Indonesia dengan JICA untuk mengakselerasi pemerataan pembangunan," tulis dia.

Di akhir pertemuan itu, Sri Mulyani memberikan kenang-kenangan kepada Tanaka-san. Dia memberi cinderamata berupa miniatur wayang di dalam pigura. Saat memberikan kenang-kenangan itu, Sri Mulyani menjelaskan tokoh pewayangan diambil dari kisah Mahabharata. Kisah pewayangan, kata dia, begitu dekat untuk orang-orang seusianya di Indonesia.

"Jika kita bicara soal Mahabharata, itu sangat dekat dengan orang-orang seusia saya, generasi kolonial," kata Sri Mulyani dalam video yang diunggah.

Dia melanjutkan sementara bagi generasi milenial dan lebih muda, cerita-cerita yang diingat adalah kisah manga seperti Naruto dan One Piece. "Jika Anda bicara dengan orang-orang yang lebih muda, maka yang mereka bicarakan adalah Naruto, lalu One Piece..." kata dia. Tanaka nampak mengangguk sambil tersenyum mendengarkan penjelasan perempuan yang sering disapa Ani itu.

Sri Mulyani berharap kerja sama dengan JICA dapat membawa kebaikan bagi Indonesia dan dunia. Dia mengatakan pembangunan membutuhkan sinergi antar negara-negara di dunia.

"Saya harap, kerja sama yang terjalin antara Indonesia dengan JICA ini dapat membawa kebaikan bagi Indonesia dan juga dunia. Pembangunan bukanlah proses yang simpel, perlu sinergi antar negara-negara di dunia. Untuk mencapai kesejahteraan bersama..!" ujar dia.



Posting Komentar

0 Komentar