Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Sawah Bak Lautan!.. Banjir Brebes | Gagal Panen | Beras Mahal | Perubaha...

Evakuasi warga korban banjir di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Senin (26/2/2024). Foto: Imam Suripto/detikJateng

Sungai Pemali Melimpas, 7 Kecamatan di Brebes Kebanjiran

Brebes - Tujuh kecamatan di Kabupaten Brebes kebanjiran. Banjir ini akibat limpasan Sungai Pemali setelah hujan deras mengguyur selama beberapa jam pada Minggu malam. Kini tim gabungan masih berfokus mengevakuasi warga ke tempat pengungsian.

Data dari BPBD Brebes, tujuh kecamatan itu meliputi wilayah selatan Brebes yaitu Salem dan Bantarkawung; wilayah tengah Brebes termasuk Larangan, Jatibarang, dan Songgom; dan wilayah utara yaitu Kecamatan Brebes dan Wanasari. Banjir terjadi di desa-desa yang berada di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Pemali.

Evakuasi warga korban banjir di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Senin (26/2/2024). Foto: Imam Suripto/detikJateng
"Sejak semalam hujan deras sehingga Bendung Notog melimpas sampai 4 meter lebih. Ini limpasan paling besar selama 30 tahun terakhir. Dari laporan petugas, ada tujuh kecamatan yang tergenang banjir," kata Kepala BPBD Brebes, Nuhsy Mansur, Senin (26/2/2024) siang.



BPBD Brebes bersama relawan saat ini masih melakukan penanganan darurat di wilayah yang kebanjiran.

"Kami fokus evakuasi menyelamatkan nyawa warga, dievakuasi ke lokasi aman," ujar Nuhsy.

Untuk memenuhi kebutuhan pangan warga, Nuhsy mengatakan akan mendirikan dapur umum. Dapur umum ini dipusatkan di kantor BPBD dan akan dikirimkan ke wilayah yang kebanjiran.

Di Kecamatan Jatibarang, ada lima desa yang terendam banjir, yaitu Bojong, Kebogadung, Buaran, Kedungtukang dan Rengasbandung.

Salah seorang warga Desa Kedungtukang, Kastori, mengatakan banjir mulai masuk ke permukiman sekitar pukul 06.00 WIB. Banjir ini akibat limpasan dari tanggul Sungai Pemali dan Gondang.

"Dari jam 06.00 WIB air masuk dari tanggul. Ratusan rumah terendam," kata Kastori.

Baca artikel detikjateng, "Sungai Pemali Melimpas, 7 Kecamatan di Brebes Kebanjiran" selengkapnya https://www.detik.com/jateng/berita/d-7212452/sungai-pemali-melimpas-7-kecamatan-di-brebes-kebanjiran.

Posting Komentar

0 Komentar