Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

WOW!... Mobil Terbang Siap Uji Coba di IKN Sebelum 17 Agustus 2024 #ikn #berita #senjieshoot

Ilustrasi. Drone raksasa atau taksi terbang bakal diuji coba di IKN pada 2024. (ehang.com)

Taksi Terbang IKN Akan Diuji Coba di Samarinda Mei atau Juni 2024

Jakarta, CNN Indonesia -- Taksi terbang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan segera diuji coba di Bandara APT Pranoto Samarinda, Kalimantan Timur.

"Pada hari ini, kami menerima kunjungan dari produsen taksi terbang Hyundai Motors yang melakukan survei rencana uji coba di Bandara APT Pranoto Samarinda," kata Kepala Unit Pelaksana Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto Samarinda Maeka Rindra Hariyanto, dikutip dari Antara, Selasa (6/2).

"Ini akan menjadi tempat yang pertama kali diuji coba penggunaan taksi terbang untuk IKN," tegasnya.

Rencananya, taksi terbang akan diuji coba pada tiga atau empat bulan ke depan, yakni antara Mei 2024 atau Juni 2024. Maeka menyebut pabrikan Korea Selatan itu masih perlu memeriksa kondisi lapangan terbang agar sesuai kriteria.

Ia menegaskan Bandara APT Pranoto Samarinda siap mengakomodir kegiatan tersebut. Meski, kepastian dan kesiapan uji coba taksi terbang tetap bergantung keputusan Hyundai Motors.

"Dari sisi operasional, bandara ini tidak sepadat, seperti halnya Balikpapan. Kami juga menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan, baik itu dari rute, jam terbang, slot, hingga tempat singgah," jelasnya.

"Ini masih sifatnya survei awal, belum ada penetapan lokasi pasti. Mereka juga akan memikirkan bagaimana mendatangkan pesawat tersebut menggunakan kapal hingga nanti sampai ke Samarinda," imbuh Maeka.

Taksi terbang masuk dalam sistem transportasi IKN yang disebut Intelligent Transport System (ITS). Beberapa waktu lalu, Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN Mohammed Ali Berawi mengatakan konsepnya mirip seperti drone yang bisa mengangkut penumpang dan barang.

Baca artikel CNN Indonesia "Taksi Terbang IKN Akan Diuji Coba di Samarinda Mei atau Juni 2024" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20240206181338-92-1059457/taksi-terbang-ikn-akan-diuji-coba-di-samarinda-mei-atau-juni-2024.

Posting Komentar

0 Komentar