Case Sensitive adalah sebuah peraturan tentang penulisan huruf besar dan huruf kecil. Kesalahan dalam penulisan dapat berakibat error saat program dijalankan. Penulisan actionscript3 yang benar akan menghasilkan warna biru atau tulisan kode actionscript akan berubah secara default menjadi warna biru dan warna – warna lainnya, tergantung dari pengaturan actionscript3.
Dari gambar diatas terlihat tata cara penulisan dalam penulisan actionScript, apabila salah dalam menuliskan kode program actionscript3, maka akan terjadi error seperti gambar dibawah ini atau tidak muncul pada panel Outputs.
Trace merupakan sebuah fungsi dari actionscript3 yang digunakan untuk menampilkan hasil atau sebuah pesan yang dihasilkan dari penulisan actionscript pada panel output atau panel keluaran. Penulisan fungsi trace pada actionscript3, harus menggunakan huruf kecil dan tidak boleh ada yang ditulis dengan huruf besar, karena kana menghasilkan pesan error pada panel output.
- Buatlah sebuah flash file (Actionscript 3.0) baru
- Pilih misalkan frame1 dimana actionscript3 akan ditempatkan.
- Klik Frame1 layer1.
- Pada menu Window pilih Action (F9).
- Pada panel action, lalu ketikkan script berikut
trace("Selamat Berjuang!!!");
var nama:String = "starDev"; trace (nama);
Latihan selanjutnya adalah mengetahui posisi sebuah objek.
- Gunakan tool Rectangle > drag pada area kerja untuk membuat sebuah kotak.
- Klik kanan pada kotak tersebut > pilih Convert to Symbol.
- Pilih Movie clip > klik OK.
- Buka panel Action (F9) > ketik kode berikut;
trace ("posisi mcKotak pada sumbu x adalah"+ mcKotak.x);trace ("posisi mcKotak pada sumbu y adalah"+ mcKotak.y);
Hasilnya tampak seperti gambar berikut;
mcKotak.scaleX =4;mcKotak.scaleY = 4;
- Tekan Ctrl+Enter. Perhatikan objek kotak membesar sebesar 4 kali pada arah sumbu x dan y.
- Coba Anda ganti kode berikut, lalu tempelkan pada panel Action. Pelajari perubahan yang terjadi. Alpha menjadikan objek tembus pandang/transparan.
mcKotak.scaleX = 4;
mcKotak.scaleY = 2;
mcKotak.alpha = .2;
Mengenal Variables
Pastikan panel Action (F9) terbuka > ketik kode berikut;
var jumlah:Number = 10;
var harga:Number = 25;trace("jumlah: " + jumlah);
trace("harga: " + harga);
trace("Total: " + harga * jumlah);
var jumlah:Number = 10;
var harga:Number = 25;
trace("jumlah: " + jumlah);
trace("harga: " + harga); trace("Total: " + harga * jumlah);
jumlah = 7; harga = 50;
trace("Nilai telah dirubah");
trace("Jumlah sekarang: " + jumlah);
trace("Harga baru: " + harga); trace("TOTAL: " + harga * jumlah);
Operator True atau False
Pastikan panel Action (F9) > ketik kode berikut;
trace(8 == 8);// apakah 8 = 8.trace(6 != 6);// apakah 6 tidak sama dengan 6.trace(10 > 9);// Apakah 10 lebih besar dari 7.
Hasilnya dapat dilihat pada panel Outputs.
Operator Rangkaian
Pastikan panel Action (F9) > ketik kode berikut;
var buahManis:String = "Mangga";var buahAsem:String = "Asem";trace(buahManis + " " + buahAsem);// Hasilnya Mangga Asem
var nNilai:Number = 6;nNilai++; trace(nNilai);// Hasilnya 7 (6 + 1)
Pastikan panel Action (F9) terbuka > ketik kode berikut;
var nNilai:Number = 6;nNilai--;trace(nNilai);// Hasilnya 5 (6 + 1)
Semoga Sukses!!!
Ditulis ulang: Stabrani.
0 Komentar